Sejarah

Berdirinya Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta diprakarsai oleh Mr.Soewidji Kartonegoro, Sawoko Tjitro Sarwono dan R. Slamet Soeparto pada tanggal 04 Pebruari 1977, pemrakarsa mendirikan Yayasan Pendidikan Surakarta Hadiningrat dengan ketua Mr. Soewidji Kartonegoro. Yayasan tersebut pada tanggal 18 Februari 1977 berhasil mendirikan Universitas Slamet Riyadi dengan membuka tiga fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Pertanian.

Setelah berjalan kurang lebih tiga tahun, pada tanggal 21 Juni 1980 Yayasan Pendidikan Surakarta Hadiningrat menyerahkan pengelolaan Universitas Slamet Riyadi kepada Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi yang didirikan dengan akte Notaris R.Moelyatmo, SH Nomor 11 tanggal 20 Juni 1980 yang diketuai oleh Soeharjo. Tanggal 21 Juni inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari lahir (Dies Natalis) Universitas Slamet Riyadi Surakarta UNISRI kini terus berkembang menjadi salah satu Universitas terbesar di Surakarta memiliki enam Fakultas: Hukum, Ekonomi, Pertanian, FISIP, FKIP dan Teknologi Pertanian, yang terdiri 14 program studi dengan status Terakreditasi.

Ciri kekhasan yang dikembangkan di UNISRI tercermin dalam Pola Ilmiah Pokok (PIP) “Pengembangan Wilayah Berwawasan Ekologi Manusia (Regional Development Based of Human Ecology)”.

Dengan PIP tersebut diharapkan UNISRI dapat turut serta berpartisipasi secara nyata dalam pembangunan tingkat regional maupun tingkat nasional yang berdimensi pada kelestarian lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan.

Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas terbesar di lingkungan Universitas Slamet Riyadi. Saat ini memiliki dua program studi yaitu Manajemen dan Akuntansi dengan status akreditasi Program Studi Manajemen terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan BAN PT Nomor: 018/BAN-PT/Ak-XII-S-1-/VII/2009 dan Program Studi Akuntansi terakreditasi dengan Surat Keputusan BAN PT Nomor: 005/BAN-PT/Ak-XII/S-1/IV/2009.

Sedangkan untuk menunjang proses pembelajaran tersedia fasilitas: ruang perpustakaan di tingkat fakultas dan universitas dilengkapi ruang baca, laboratorium manajemen dan akuntansi dan prasarana pendukung lainnya. Ditunjang dengan staf pengajar yang profesional dan kompenten pada bidang masing-masing. Dosen tetap 98 persen berpendidikan S-2, diperkuat dengan dosen tamu yang berasal dari kalangan praktisi bisnis.