Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Selenggarakan Seminar Nasional Pengembangan Kemampuan Untuk Menghadapi Persaingan Global Dunia Kerja di Era Digital.

Bagikan..

Surakarta, 15/12/2018 Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta menyelenggarakan Seminar Nasional pengembangan kemampuan untuk menghadapi persaingan global dunia kerja di era digital. Acara yang dilaksanakan di Auditorium Lt. 3 Universitas Slamet Riyadi Surakarta ini berlangsung meriah dengan peserta yang memenuhi kuota ruangan. Reka ketua panitia menjelaskan bahwa acara tersebut diselenggarakan  bertujuan membekali mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja dan bisnis dengan menumbuhkan kreatifitas pola pikir mahasiswa untuk memanfaatkan digital ekonomi sebagai wadah berkreasi dan berinovasi pada perkembangan di dunia digital ekonomi khususnya di Indonesia. Dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat semakin memahami dunia digital ekonomi dan mengetahui cara untuk bersaing di era digital ekonomi yang sedang berkembang pesat khususnya di Indonesia.

Perkembangan teknologi memang berdampak sangat signifikan terhadap perubahan gaya hidup orang pada saat ini tidak terkecuali pada persaingan didalam dunia kerja. Sebagaimana hukum alam teknologi lama akan punah dan digantikan dengan tegnologi baru yang lebih efektif dan efisien. Oleh karenanya manusia modern dituntut untuk selalu mengikuti perubahan. M Ali, SS M.A., Ph.D menjelaskan bahwa perubahan kebutuhan dan gaya hidup tersebut menuntut para pencari  kerja untuk multi talenta dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan keadaan yaitu perkembangan teknologi. Dimasa yang akan datang kebutuhan tenaga kerja manusia akan semakin berkurang dan digantkan oleh mesin dan robot. Oleh karenanya dr. Kinik Darsono Mmed. Ed memberikan pesan kepada peserta seminar agar tidak terlalu fokus pada satu bidang keahlian saja tetapi perlu memiiki banyak keterampilan lain yang mendukung dan masih mungkin untuk dikembangkan. Terlebih diera digital seperti saat ini dimana sudah tidak ada sekat antara dunia maya dan dunia nyata maka akan sangat baik apabila kemampuan-kemampuan tersebut didukung dengan penguasaan teknologi. Dilanjutkan dengan Thomas Galih sebagai mahasiswa yang sudah menggeluti dunia bisnis memotivasi untuk tetap semangat didalam meraih cita-cita. Mahasiswa harus memiki visi hidup yaitu gambaran tentang apa yang ingin mereka capai dan segera action yaitu bertindak untuk mencapai visi tersebut.

Acara-acara seminar seperti ini adalah asupan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh mahasiswa dan dosen, oleh karenanya Prof. Dr. Ir Kapti Rahayu Kuswanto RektorUniversitas Slamet Riyadi mengapresiasi dengan diselenggarakannya acara ini, terutama pemilihan tema yang sesuai dengan momen perkembangan dunia digital pada saat ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp kami