BIDANG PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

Bagikan..

5

BIDANG PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

A. Pendaftaran Calon Mahasiswa
1. Informasi Umum
Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (FE UNISRI) sebagai salah satu fakultas Ekonomi berstatus swasta di Surakarta, berperan dan secara moral turut bertanggung jawab atas maju dan berkembangnya pendidikan tinggi di bidang ekonomi di kawasan Surakarta dan sekitarnya. Peran ini dijalankan dengan selalu berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, terutama dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran yang mencakup peningkatan fasilitas, kualitas tenaga pengajar dan yang tidak kalah penting adalah kualitas mahasiswa.
Peningkatan kualitas mahasiswa tidak bisa dilepas dari kualitas masukan (input) oleh sebab itu FE UNISRI berusaha semaksimum mungkin untuk menjaring calon mahasiswa yang benar-benar berkualitas untuk bisa dididik menjadi sarjana ekonomi yang siap bersaing didunia bisnis yang semakin global. FE UNISRI memberi kesempatan kepada semua calon mahasiswa yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pendidikan di institusi ini tanpa memandang perbedaan status ekonomi dan sosial, termasuk di dalamnya perbedaan suku, warna kulit, agama, gender maupun ketidakmampuan secara fisik.
Pendaftaran untuk semua calon mahasiswa FE UNISRI ditangani panitia penerimaan mahasiswa baru, kecuali pendaftaran untuk calon mahasiswa S1 transfer.
Secara umum, persyaratan dan prosedur pendaftaran untuk calon mahasiswa FE UNISRI, baik mahasiswa maupun transfer akan dijabarkan di seksi berikut.

2. Pendaftraan Calon Mahasiswa Baru
Calon mahasiswa baru FE UNISRI terdiri dari calon mahasiswa program S1 (Reguler). Mereka harus lulus pendidikan di tingkat SMA (atau yang sederajat) dan lulus ujian saringan yang dilaksanakan oleh panitia.
Syarat-syarat pendaftaran untuk calon mahasiswa baru:
• Membayar biaya pendaftaran
• Menyerahkan foto copy ijazah sebanyak 2 lembar (legalisir)
• Menyerahkan pas photo 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar
• Mengisi dan mengembalikan formulir pendaftaran
• Foto copy KTP / identitas lainnya.
Semua calon mahasiswa baru harus menyerahkan syarat-syarat pendaftaran lengkap kepada panitia penerimaan mahasiswa UNISRI dalam stopmap yang telah ditentukan, dan mengikuti seleksi.
Penerimaan calaon mahasiswa baru FE UNISRI dilaksanakan sekali dalam setahun yaitu pada sekitar bulan Maret – September. Tanggal-tanggal pada tahapan penerimaan bisa berubah dari tahun ke tahun. Calon mahasiswa diharapkan untuk secara langsung melihat ulang jadwal penerimaan mahasiswa baru ini di sekretariat pendaftaran atau di sumber-sumber informasi yang lain.

3. Pendaftaran Calon Mahasiswa Transfer
Calon mahasiswa baru FE UNISRI untuk program S1 yang merupakan pendidikan lanjutan bagi mereka yang sebelumnya tidak dapat mengikuti program S1 karena kendala waktu, biaya maupun pekerjaan.
Calon mahasiswa yang dapat diterima pada program ini paling tidak harus memenuhi salah satu dari kriteria berikut ini:
• Pernah kuliah Diploma III pada Akademi non kependidikan yang berstatus terakreditasi ataupun program S1 pada perguruan tinggi Negeri atau swasta non kependidikan yang berstatus terakreditasi
• Lulusan Sarjana Muda atau Diploma III Akademi/Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta non kependidikan yang berstatus terakreditasi atau pernah kuliah pada Program S1 reguler pada PTN/PTS yang berstatus terakeditasi dan tercatat dalam web RISTEK DIKTI.
Calon mahasiswa yang memenuhi kriteria di atas, dapat mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa transfer FE UNISRI dengan syarat dan prosedur sebagai berikut:
• Membayar biaya pendaftaran
• Menyerahkan foto copy ijazah sebanyak 2 lembar (legalisir)
• Menyerahkan satu lembar surat keterangan pernah kuliah dan transkrip yang telah dilegalisir.
• Menyerahkan pas photo 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar
• Mengisi dan mengembalikan formulir pendaftaran
• Foto copy KTP / identitas lainnya.
Penerimaan calon mahasiswa transfer FE UNISRI hanya diselenggarakan dua kali dalam setahun. Karena tanggal-tanggal pada tahapan penerimaan bisa berubah setiap saat, maka calon mahasiswa diharapkan untuk secara langsung melihat ulang jadwal penerimaan di sekretariat pendaftaran atau di sumber-sumber informasi yang lain.
Calon mahasiswa juga harus menyadari bahwa jumlah kredit yang didapat pada akademi atau perguruan tinggi sebelumnya tidak otomatis bisa diakui di FE UNISRI. Konversi dan perhitungan kembali jumlah kredit akan dilakukan pada saat registrasi di Fakultas Ekonomi UNISRI.

4. Pelayanan informasi Pendaftaran
Informasi pendaftaran dan keterangan selengkapnya bisa didapatkan di:
Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi
Jl. Sumpah Pemuda No 18 Telp. 0271-855717
Website: www.fe.unisri.ac.id

B. Penyelenggaraan Perkuliahan dan Pelaksanaan Ujian di Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi

1. Kegiatan Perkuliahan
a. Mahasiswa wajib mengikuti kuliah dan kegiatan akademik lainnya dengan rencana studinya secara tertib dan teratur sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
b. Mata kuliah yang akan ditempuh oleh mahasiswa harus di entry terlebih dahulu via aam.unisri.ac.id
c. KRS dianggap sah setelah mendapat persetujuan Pembimbing Akademik (PA) yang dibuktikan tanda tangan PA dan stempel fakultas.

2. Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS)
a. Mahasiswa diperbolehkan menempuh ujian tengah semester jika pernah mengikuti perkuliahan mata kuliah yang bersangkutan, dan dapat mengikuti ujian semester bila telah mengikuti minimum 75% dari perkuliahan yang berlangsung.
b. Mata kuliah yang diperbolehkan diujikan pada ujian semester jika telah disampaikan sekurang-kurangnya 80% dari kegiatan akademik terjadwal untuk semester yang bersangkutan.
c. Mata kuliah yang telah ditempuh dan belum lulus harus ditempuh lagi, dan diperhitungkan dalam jumlah beban studi maksimum tiap semester.
d. Mata kuliah prasyarat, minimum nilai 1 (satu) kecuali mata kuliah metodologi penelitian harus lulus sebelum menyusun skripsi.
e. Bagi mahasiswa yang berhalangan mengikuti ujian tengah/akhir semester dapat mengikuti ujian susulan, dengan menunjukkan bukti surat keterangan, seperti surat keterangan sakit dan sebagainya.

3. Tata Tertib Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi
a. Peserta ujian harus hadir 15 menit sebelum ujian dimulai, menempati tempat duduk yang sesuai dengan presensi.
b. Peserta ujian yang datang terlambat tidak diberikan perpanjangan waktu mengerjakan.
c. Peserta ujian wajib membawa Kartu Rencana Studi (KRS tetap).
d. Peserta ujian yang tidak membawa KRS segera melapor kepada dosen pengawas ujian yang menjaga ruang ujian.
e. Peserta ujian harus membawa perlengkapan/alat tulis sendiri.
f. Peserta ujian yang telah memasuki ruangan ujian tidak dibenarkan meninggalkan ruang ujian kecuali atas izin pengawas.
g. Peserta ujian wajib mengisi dan menandatangani daftar hadir ujian (presensi).
h. Selama ujian berlangsung peserta dilarang: pinjam meminjam perlengkapan/alat tulis, tukar menukar pekerjaan/kertas atau soal-soal, mengerjakan pada kertas lain selain yang telah disediakan, membawa buku-buku ataupun mencoba membantu mengerjakan setelah pengawas menyatakan ujian selesai.
i. Tidak diperkenankan merokok di ruang ujian, bagi peserta ujian maupun bagi pegawas ujian.
j. Peserta ujian diharuskan berpakaian rapi dan memakai jaket almamater dan tidak diperkenankan memakai sandal.
k. Peserta ujian yang membawa HP harus dimatikan.
l. Segala sesuatu yang kurang jelas selama ujian berlangsung hanya dapat ditanyakan kepada pengawas.
m. Bagi peserta yang tidak menaati tata tertib dan melanggar larangan tersebut, pekerjaan ujiannya tidak sah.
n. Pengawas ujian mempunyai wewenang, kewajiban dan tanggung jawab penuh pada waktu pelaksanaan ujian:
– Menolak peserta ujian yang datang terlambat lebih dari 30 menit atau setelah ada peserta lain yang telah selesai dan meninggalkan ujian.
– Menentukan tempat duduk peserta.
– Memindahkan tempat duduk peserta.
– Memberikan peringatan dan teguran kepada peserta.
– Mencatat nomor peserta yang melanggar tata tertib ujian, atau tidak membawa KRS.
– Menghitung dan mencocokkan jumlah pekerjaan dengan jumlah peserta ujian serta menyusun sesuai dengan nomor presensi.
– Mengisi, menandatangani presensi pengawasan dan berita acara penyerahan pekerjaan.

4. Standar Penilaian
a. Standar penilaian yang digunakan di Universitas Slamet Riyadi adalah standar sebagai berikut:

Standar 100 Standar 5 HURUF
≥ 80
76 – 79
70 – 75
65 – 69
59 – 64
54 – 58
45 – 53
< 45 4 3,5 3 2,5 2 1,5 1 0 A B+ B C+ C D+ D E b. Nilai batas lulus setiap mata kuliah adalah 2 (C). c. Nilai tidak lengkap (TL) dapat diberikan apabila salah satu komponen nilai tidak dapat dipenuhi oleh mahasiswa sampai batas waktu sebelum yudisium. d. Dosen pengampu mata kuliah berwenang merubah status nilai tidak lengkap (TL) menjadi nilai 0 (E). e. Perubahan nilai mata kuliah oleh dosen pengampu mata kuliah hanya dapat dilakukan dengan alasan yang tepat yang dituangkan dalam berita acara dan sebelum diterbitkannya Kartu Hasil Studi (KHS) semester berikutnya. 5. Indeks Prestasi (IP) a. Indeks Prestasi (IP) adalah angka yang menunjukkan kebulatan hasil studi mahasiswa dalam suatu program studi tertentu. b. Rumus perhitungan IP adalah sebagai berikut: IP = K = Jumlah SKS mata kuliah yang diambil N = Nilai masing-masing mata kuliah c. Besarnya beban studi yang dapat diambil untuk semester berikutnya ditetapkan berdasarkan perolehan nilai indeks prestasi tiap semester, sebagai berikut: IP Semester Maksimum SKS yang boleh diambil 3,00 – 4,00 2,00 – 2,99 1,50 – 1,99 0,00 – 1,49 22 – 24 18 – 21 13 – 17 Maksimum 12 6. Sebutan kelulusan Mahasiswa yang telah menyelesaikan program studi tingkat sarjana mendapat sebutan kelulusan atas dasar prestasi yang dicapai dengan ketentuan sebagai berikut. - IPK 2,00 – 2,75 = Memuaskan - IPK 2,76 – 3,50 = Sangat Memuaskan - IPK 3,51 – 4,00 = Dengan Pujian 7. Ketentuan penutup Segala sesuatu yang belum diatur dalam peraturan ini akan diatur dalam peraturan sendiri. C. PEMBIMBING AKADEMIK Petunjuk Pelaksanaan Pembimbingan Akademik 1. Waktu Pembimbingan a. Pada awal Semester  Bimbingan dilaksanakan sesuai dengan kalender akademik pada semester yang bersangkutan.  Bagi mahasiswa yang terlambat melakukan konsultasi sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan dinyatakan mengambil kredit nol. Tidak tercantum dalam RISTEK DIKTI.  Pengambilan SKS untuk semester berikutnya ditetapkan berdasarkan IP sebelum mengambil kredit nol. b. Selama kuliah berlangsung.  Mahasiswa boleh menghadap PA untuk melakukan revisi KRS sesuai jadwal revisi. c. Pada akhir semester  Dilakukan evaluasi KRS.  Yudisium oleh dosen PA. D. PROSEDUR MENGIKUTI KKL (KULIAH KUNJUNGAN LAPANGAN) 1. Mengikuti Kuliah Manajemen Strategi. 2. Mendaftarkan diri kepada Ketua/Sekretaris Program Studi dengan menunjukkan kuitansi pembayaran. 3. Melakukan daftar ulang pada panitia sekalian membentuk kelompok. Tiap kelompok maksimum 5 orang yang berdasarkan pada kesamaan jenis kelamin kelas dan dosen pengampu. 4. Mengikuti pembekalan. 5. Melaksanakan KKL di lokasi. 6. Mengadakan diskusi. 7. Menyusun laporan pelaksanaan KKL. 8. Mengikuti ujian lisan. Prosedur di atas dapat dijelaskan seperti dalam bagan sebagai berikut: Perkuliahan Administrasi PESERTA KKL Peserta Kuliah Kunjungan Lapangan 1. Mahasiswa sebagai peserta kuliah, mata kuliah Manajemen Strategi. 2. Dosen sebagai panitia dan pembimbing KKL. 3. Pengurus Organisasi kemahasiswaan sebagai utusan. 4. Staf Tata Usaha sebagai panitia. No rekening KKL Fakultas Ekonomi UNISRI : 2-110-01480-0 Syarat-syarat Peserta KKL 1. Bagi mahasiswa sebagai peserta KKL harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: a. Bagi mahasiswa mata kuliah Manajemen Strategi pada semester di mana KKL dilaksanakan. b. Pernah mengambil mata kuliah Manajemen Strategi tetapi belum ikut KKL. c. Memenuhi biaya KKL dan memiliki kelompok. d. Mengikuti pembekalan. e. Bersedia mematuhi tata tertib. 2. Bagi dosen dan staf tata usaha harus mendapatkan izin dan surat tugas dari pimpinan Fakultas (Dekan). 3. Bagi pengurus Organisasi Kemahasiswaan harus membawa surat tugas dari lembaga yang diketahui Dekan serta bersedia mematuhi tata tertib. E. Peraturan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti KKN apabila telah lulus teori sebanyak 100 SKS, lokasi KKN ditentukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unisri. F. Semester Pendek a. Persyaratan Akademik i. Mata kuliah yang diambil pada semester pendek adalah: mata kuliah yang sudah ditempuh/diambil pada semester sebelumnya. ii. Batas pengambilan mata kuliah maksimum 10 SKS iii. Persyaratan lain akan diatur kemudian. b. Persyaratan Administrasi dan Prosedur Pendaftaran Semester Pendek a. Mengisi formulir semester pendek di Bagian Akademik Universitas. 1. Mengisi KRS dengan benar dan lengkap sesuai mata kuliah yang diambil rangkap 3 lembar. 2. Konsultasi dengan PA: - Menunjukkan KRS yang sudah diisi dan foto copy KHS yang ada nilai mata kuliah yang akan ditempuh pada semester pendek mohon persetujuan/tanda tangan PA. - Membayar biaya Semester Pendek ke Bagian Keuangan Universitas. - Mendaftar di Ketua/Sekretaris Program Studi: 1. Menyerahkan KRS yang telah diisi dan telah ditandatangani PA dengan dilampiri pas photo 3 x 4 cm. 2. Menyerahkan kuitansi lunas membayar dari Bagian Keuangan Universitas. - Bagi mahasiswa peserta KKN agar mempertimbangkan pengambilan mata kuliah, karena tidak ada dispensasi presensi mengikuti kuliah. - Sistem penilaian Semester Pendek sama dengan penilaian semester reguler (tidak ada jaminan lulus ujian). G. Pengajuan Skripsi, Seminar Proposal dan Ujian Skripsi Syarat-syarat Pengajuan Skripsi a. Menunjukkan kuitansi pembayaran biaya skripsi. b. Menunjukkan kuitansi pembayaran biaya seminar proposal. c. Menunjukkan surat keterangan dari Pembimbing Akademik bahwa mahasiswa sudah berhak menyusun skripsi (lulus 130 SKS yang dinyatakan oleh hasil print-out RHS yang disahkan PA). Prosedur Pengajuan Proposal Skripsi 1. Mahasiswa menghadap ketua Program Studi untuk mengajukan judul skripsi sesuai dengan masalah yang diteliti. 2. Untuk judul yang diterima, maka ketua Program Studi selanjutnya: - Mencatat judul tersebut pada buku kumpulan judul skripsi selanjutnya ditentukan pembimbing skripsi. - Mengisi blangko konsep surat pengantar ke pembimbing selanjutnya diserahkan kepada Biro Skripsi untuk diketik. - Surat pengantar yang sudah diketik bisa diambil mahasiswa pada Biro Skripsi setelah ditandatangani oleh ketua Program Studi 3. Untuk judul yang ditolak, maka mahasiswa berhak mengajukan usulan judul lagi sesuai dengan bidang yang ditawarkan sampai dengan usulan judul diterima. 4. Dengan membawa surat pengantar tersebut mahasiswa dapat menyerahkan Proposal Penelitian kepada pembimbing dan mulai konsultasi. 5. Untuk mendapatkan surat pengantar penelitian ke objek penelitian mahasiswa dapat minta kepada biro skripsi. 6. Pembayaran biaya skripsi berlaku untuk satu tahun dan diberi kesempatan perpanjangan satu semester. Ketentuan Seminar Proposal 1. Bagi mahasiswa yang usulan penelitian telah disahkan (disetujui) oleh pembimbing wajib mendaftarkan seminar usulan penelitian kepada ketua Program Studi. 2. Ketua Program Studi akan menentukan hari/tanggal pelaksanaan seminar usulan penelitian serta Tim Pembahas. Ujian Komprehensif Mahasiswa yang telah melaksanakan seminar proposal, wajib menempuh ujian komprensif paling cepat 1 minggu setelah seminar proposal dengan jalan mendaftarkan diri ke biro skripsi. Ujian Skripsi Ujian skripsi akan dilaksanakan setiap bulan pada hari Sabtu minggu ketiga kecuali akhir semester biasanya dilaksanakan beberapa hari setelah yudisium. Pendaftaran Ujian skripsi ke biro skripsi dengan menyerahkan syarat-syarat sebagai berikut: 1. Skripsi yang telah ditandatangani pembimbing (rangkap 3) 2. Surat keterangan lulus teori kepada Pembimbing Akademik 3. Surat keterangan telah selesai menulis skripsi dan persetujuan mengikuti ujian skripsi dari ketua Program Studi. 4. Pas photo 3 x 4 cm = 3 lembar 5. Surat bukti lunas SPK, SPP dan SKS 6. Buku konsultasi 7. Menunjukkan bukti telah mengikuti seminar proposal 8. Piagam mengikuti seminar nasional 9. Bagi mahasiswa mulai angkatan 2008 menunjukkan sertifikat TOEFL. 10. Surat bukti penelitian dari perusahaan/instansi di mana mahasiswa mengadakan penelitian 11. Surat bukti bebas perpustakaan fakultas 12. Surat bukti bebas perpustakaan universitas. Wisuda Mahasiswa pada akhir studinya wajib ikut wisuda tingkat universitas dan tingkat fakultas. Teknik pelaksanaan diatur dengan aturan sendiri. H. Pusat Pengembangan Ekonomi Bisnis (PPEB) Fakultas Ekonomi Berdasarkan SK Dekan Nomor: 13/I/KP/2008, maka terbentuklah Pusat Pengembangan Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi UNISRI. 1. Mewadahi kegiatan-kegiatan ilmiah dan pengabdian pada masyarakat yang terkait dengan bidang studi Manajemen. 2. Sebagian sarana untuk dapat menambah dan meningkatkan wawasan keilmuan bidang studi manajemen bagi para dosen dan mahasiswa program studi manajemen. 3. Sebagai sarana untuk meningkatkan kompetisi profesionalisme para dosen dalam mengungkapkan gagasan, ide dan konsep-konsep bidang studi manajemen pada forum-forum ilmiah yang diselengarakan di lingkungan UNISRI maupun di luar UNISRI Kegiatan-kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan adalah sebagai berikut: 1. Bidang Penelitian a. Pelatihan Bahasa Inggris untuk menghadapi persaingan dunia kerja b. Pelatihan/kursus tertulis pasar modal (Pendidikan dan Pelatihan sekuritas) c. Pelatihan Manajemen Praktis - Public Relation (PR) - Costomer Service - Manajemen Bisnis Praktis - Kelayakan Bisnis - Kewirausahaan - Pasar Modal 2. Bidang seminar - Seminar Nasional - Seminar Internasional 3. Bidang Penelitian a. Penelitian bidang manajemen b. Forum studi manajemen 4. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat a. Mengisi acara radio dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang manajemen praktis. b. Mendampingi pengusaha kecil tentang pengelolaan usaha yang dijalankan. I. Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) Fakultas Ekonomi UNISRI Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) Fakultas Ekonomi UNISRI didirikan pada tanggal 1 November 1999, ditetapakan dengan SK Dekan Nomor: 02/SK/1999. Tujuan didirikan PPA adalah untuk mewadahi kegiatan-kegiatan ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan: pendidikan, pelatihan dan konsultasi yang terkait dengan bidang studi akuntansi yang difokuskan untuk para pengusaha kecil, menengah dan koperasi. J. Perpustakaan Fakutas Ekonomi Dalam rangaka pengembangan mutu dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISRI, maka Fakultas Ekonomi telah merintis sebuah perpustakaan yang dapat dimanfaatkan bagi semua dosen dan mahasiswa. Syarat-syarat manjadi anggota perpustakaan Fakultas Ekonomi UNISRI a. Terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi b. Menunjukan kartu mahasiswa c. Menyerahkan pas photo 3 x 4 cm = 2 lembar d. Mengisi formulir e. Membayar biaya administrasi K. Laboratorium Manajemen dan Laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomi UNISRI Ada beberapa mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa adalah mata kuliah yang menggunakan laboratorium, baik Laboratorium Manajemen maupun Laboratorium Akuntansi. Laboratorium dengan ruang khusus telah siap digunakan yang berada di lantai III. Kapasitas ruang adalah 20 mahasiswa. Ruang inipun dapat digunakan juga sebagai tempat untuk pelatihan-pelatihan atau untuk diskusi, dengan jumlah peserta terbatas. L. Prosedur Pengajuan Selang 1. Mahasiswa mengisi form pengajuan selang (disediakan universitas) 2. Mahasiswa melampirkan copy kuitansi SPP semester yang lalu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp kami