BIDANG ADMINISTRASI DAN UMUM

Bagikan..

4

BIDANG ADMINISTRASI DAN UMUM

A. Registrasi Mahasiswa
1. Registrasi adalah daftar ulang yang dilakukan oleh mahasiswa pada setiap awal semester dengan cara mengisi formulir registrasi dan membayar SPP.
2. Registrasi dibedakan antara registrasi administrasi dan registrasi akademik. Registrasi administrasi merupakan kegiatan untuk memperoleh status terdaftar sebagai mahasiswa, sedang registrasi akademik merupakan kegiatan mahasiswa mendaftarkan diri sebagai peserta kuliah.
3. Berkas registrasi administrasi
a. Untuk mahasiswa baru
1) Formulir registrasi
2) Blangko tanda pembayaran SPP, SPK dan SKS
b. Untuk mahasiswa lama
1) Formulir registrasi
2) Blangko pembayaran SPP dan SKS
4. Proses registrasi:
a. Untuk mahaiswa baru
1) Mahasiswa mengambil berkas registrasi ke bagian registrasi universitas
2) Mahasiswa membayar SPP, SPK dan SKS ke bank dan selanjutnya menyerahkan formulir registrasi yang telah diisi ke bagian registrasi dengan menyerahkan lampiran dan duplikat tanda pembayaran SPP, SPK dan SKS.
b. Untuk mahasiswa lama
1) Mahasiswa mengambil berkas registrasi (formulir registrasi) ke bagian registrasi serta mengambil blangko tanda pembayaran SPP ke bagian keuangan dengan menunjukkan kuitansi pembayaran semester sebelumnya.
2) Mahasiswa membayar SPP ke bank dan selanjutnya menyerahkan formulir registrasi yang telah diisi ke bagian registrasi dengan disertai lampiran duplikat tanda pembayaran SPP.

B. Prosedur Pembayaran Biaya Semester Pendek
1. Semester pendek diadakan setiap tahun setelah semester genap
2. Mahasiswa yang mengambil program semester pendek dibebani biaya operasional sebesar ketentuan Universitas.
3. Pembayaran biaya semester pendek dilakukan di bagian keuangan universitas.

C. Prosedur Pembayaran Biaya Skripsi
1. Mahasiswa yang akan menyusun skripsi diwajibkan membayar biaya penyusunan skripsi dan biaya seminar proposal
2. Pembayaran biaya penyusunan skripsi dan biaya seminar proposal dilakukan di Bank Jateng capem Nusukan No Rekening 02.0110-01421.8
3. Pembayaran di atas dengan kesempatan ujian skripsi satu kali
4. Untuk ujian skripsi kedua dan seterusnya, biaya ujian menjadi tanggungan peserta dengan biaya sebesar ketentuan fakultas dan dibayarkan ke bendahara fakultas sebelum ujian di selenggarakan.
5. Bagi mahasiswa yang belum selesai menyusun skripsi sampai jangka waktu yang ditentukan, diwajibkan membayar biaya penyusunan skripsi dan biaya seminar proposal lagi.

D. Prosedur Pembayaran Kuliah Kunjungan Lapangan (KKL)
1. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah Manajemen Strategi wajib mengikuti KKL.
2. Mahasiswa peserta KKL dibebani biaya KKL sebesar ketentuan panitia (yang juga disesuaikan dengan lokasi KKL) biaya KKL dibayar kepada bendahara KKL atau Bank Jateng Cabang Pembantu Nusukan No rek. 02.0110-02028.9

E. Prosedur Pembayaran Mahasiswa Selang/Cuti Kuliah
1. Mahasiswa selang/cuti kuliah adalah mahasiswa yang berhenti mengikuti kegiatan akademik sebelum selesai program studinya, kemudian kembali mengikuti kegiatan akademik dengan seizin Rektor.
2. Mahasiswa dengan status selang tetap diwajibkan membayar uang SPP sebesar Rp 50% dari jumlah yang seharusnya dibayar kepada bagian keuangan Universitas atau bank yang ditunjuk.

F. Prosedur Pembayaran Mahasiswa Transfer/Pindahan
1. Mahasiswa transfer/pindah adalah mahasiswa yang pindah dan meneruskan kuliah di Fakultas Ekonomi UNISRI. Mahasiswa pindahan dapat berasal dari program studi/fakultas di lingkungan Universitas atau pindahan dari luar Fakultas Ekonomi UNISRI.
2. Sesudah menyelesaikan semua persyaratan administrasi di tingkat universitas, mahasiswa transfer/pindahan diwajibkan menemui Pembimbing Akademik untuk berkonsultasi tentang mata kuliah yang akan ditempuh.

G. Prosedur Pembayaran Ujian Susulan
1. Mahasiswa yang tidak dapat mengikuti ujian tengah semester maupun ujian akhir semester (karena alasan tertentu) dapat mengikuti ujian susulan
2. Mahasiswa yang mengikuti ujian susulan diwajibkan membayar biaya ujian susulan ke bendahara universitas yang besarnya ditentukan oleh universitas

H. Prosedur Pembayaran Biaya Wisuda dan Pelepasan Wisuda Fakultas
1. Mahasiswa yang telah lulus ujian skripsi diwajibkan membayar biaya wisuda dan biaya pelepasan.
2. Biaya wisuda dibayarkan ke universitas, sedang biaya pelepasan dibayarkan kepada bendahara fakultas sebesar ketentuan fakultas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp kami